[30 Days Challenges] Day 7: Do You Read? What Are Your Favorite Books?

Hmm.. i don’t really reads, i listens to audiobook.

Jadi, di awal tahun 2016 saya pernah mengambil sebuah keputusan impulsif dan pindah domisili ke Solo. Saat itu saya pikir kehidupan kami bisa berubah di sana. Lebih mandiri, tinggal di rumah sendiri dan punya privasi. Long story short, semua itu salah besar. Memutuskan pindah ke Solo merupakan keputusan impulsif yang masuk ke dalam kotak “kesalahan dalam hidup”. Maka, pada bulan Juni 2017, setelah melahirkan anak ke 2 saya di Solo, saya minta ande untuk memboyong saya dan anak-anak kembali ke Depok. Suami saya, karena masih ada kewajiban pekerjaan di Solo, tinggal dulu di sana selama beberapa bulan. Kalau nggak salah, bulan Agustus di tahun yang sama, kami resmi pindah kembali ke BSD. Nothing wrong with our marriage, everything is fine. Hanya rezeki kami memang bukan di Solo, itu saja.

Apa hubungannya dengan tema? Ada, kok 😀

Jadi waktu tinggal di Solo ini, saya berkenalan dengan sebuah aplikasi bernama Audible. Audible adalah layanan aplikasi audio book online dari Amerika milik perusahaan Amazon. Dengan aplikasi ini kita bisa membeli audiobook dan mendengarkannya secara streaming. Berbekal sebuah kode diskon dari Michelle Phan, saya lalu berlangganan, yang memungkinkan saya membeli 1 buku setiap bulannya secara gratis (well tidak gratis, sih, kan saya bayar biaya berlangganannya). Tapi lumayan sekali, dengan credits 1 buku per bulan (dan bisa diakumulasi dengan bulan selanjutnya, jika bulan ini nggak ada buku yang kamu mau), saya bisa membeli buku dengan harga berapapun. Best buy saya selama menggunakan audible adalah buku Sherlock Holmes: The Definitive Collection yang berisikan beberapa judul buku, dan dibacakan oleh Pak Stephen Fry, hanya dengan 1 credits langganan saja.

Saat pertama kali berlangganan, saya benar-benar nggak tahu sama sekali mau beli buku apa. Sepertinya buku pertama yang saya beli adalah Crazy Rich Asian dan benar-benar saya dengarkan setelah beberapa bulan berlangganan. Saat itulah saya kemudian menyadari bahwa saya memang lebih cocok mendengarkan daripada membaca buku. Saya adalah tipe orang yang bisa mendengarkan buku sambil melakukan hal-hal lainnya, seperti memasak, menyetrika, bebersih rumah, dan pekerjaan–pekerjaan ibu rumah tangga lainnya yang sedari dulu akrab sekali dengan keseharian saya.

Pengalaman bersama Audible menjadi semakin menyenangkan saat terbit seri audiobook Harry Potter. Saya berterimakasih sekali pada Pottermore yang menerbitkan serial tersebut di tahun itu. Terlambat satu tahun saja, saya mungkin nggak akan lagi mampu membelinya hahahaha.. karena setelah 1 tahun diizinkan berlangganan, akhirnya suami saya menyerah di tahun ke 2. Lumayan juga soalnya biaya berlangganannya per bulan. Alhamdulillah saya berhasil mengumpulkan seri Harry Potter sampai lengkap.

Sekarang semakin banyak pilihan audiobook yang bisa dipakai. Aplikasi menulis online tempat sahabat saya, Jia, bekerja: STORIAL.CO juga menyediakan opsi audiobook untuk beberapa bukunya. Saya sedang mendengarkan audibook Rapijali milik Teh Dee Lestari di sana.

Saya juga sempat menjadi proof listener di sebuah aplikasi audiobook STORYTEL (sebuah layanan audiobook dari Swedia) yang juga akan membuka layanan buku-buku berbahasa Indonesia. Lumayan sekali, bisa bekerja sekaligus mendengarkan lebih banyak buku-buku secara gratis hehehe..

Jadi kesimpulan untuk tema hari ini, YA saya membaca (mendengar) buku. Buku favorit saya sampai hari ini adalah seri Harry Potter (tentu saja) dan juga seri Shopaholic milik Sophie Kinsela, dan kedua seri tersebut saya punya seri lengkapnya di Audible hehehe.. SENANG!!

-Bee-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s