Making Your Own Invitation Name Label

Suatu hari saya iseng googling dengan keyword “template alamat undangan”  lalu muncullah beberapa link dan saya memilih link ini. Di sana dijabarkan cara membuat template label nama yang bisa kita ketik dan print sendiri dengan MS Word. Yang dicontohkan di sana adalah membuat template label nama dengan sticker Tom & Jerry No. 103. Kalau kamu memakai sticker label merk itu, bisa langsung berkunjung ke halaman ini, untuk download langsung template yang sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Untuk size-nya bisa dilihat di halaman ini. Mudah banget kan?

Tapi, kalau kamu memakai sticker label dengan merk yang berbeda, bisa mengikuti instruksi yang saya ambil dari link Mas Han yang saya cantumkan di atas tadi. Tutorial tersebut sepertinya dibuat dengan basis MS Word 97-2003 deh, soalnya ada beberapa tab yang nggak tercantum di MS Word yang saya pakai sekarang (saya pakai yang 2008, kalau nggak salah). Jadi di post ini saya mau coba menjabarkan kembali tutorial tersebut dengan basis MS Word yang saya pakai. Semoga berguna.

How to make your own name label

saya pakai sticker label merk Kenjoy No. 103

Step 1:

Tentu saja membuka laman baru di MS word milikmu. As simple as clicking your MS word icon on the menu. Tunggu sampai halaman baru muncul.

Step 2:
Pada laman baru tersebut klik tab Mailings, truss klik lagi pilihan labels. Nanti akan muncul seperti ini:
* Klik pilihan Full page of the same label seperti pada gambar.

klik pada gambar untuk memperbesar

Step 3:

Klik options pada dialog box di atas, dan akan muncul dialog box baru seperti gambar di bawah.
* Pada gambar yang saya sertakan di bawah tertulis sebuah label bernama “Wedding Label” di kotak Product Number. Itu karena saya sudah membuat template label tersebut sebelumnya. Kalau kamu belum pernah membuat template apapun, kotak tersebut akan kosong.

klik pada gambar untuk memperbesar

Step 4:

Membuat label baru dengan mengklik tombol “New Label” dari dialog box di atas tadi. Nanti akan muncul satu dialog box baru lagi, seperti gambar di bawah.
* Nah, kalau kamu pakai sticker label dengan merk yang sama seperti saya, ikuti saja semua angka yang saya cantumkan di kolom-kolom yang mereka minta. Semuanya harus sama ya, jangan sampai ada yang terlewat.
* Tapi, kalau kamu tidak memakai sticker label merk Kenjoy No. 103, sesuaikan semua ukuran yang diminta. Ukur saja sticker label mu dengan penggaris, lalu masukkan deh semua ukuran ke kolom-kolom tersebut. Jangan lupa sesuaikan juga dengan ukuran kertasnya ya.

klik pada gambar untuk memperbesar

Step 5:
Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, kamu tekan tombol OK pada dialog box terakhir, lalu OK lagi di dialog box selanjutnya. Nah, di dialog box terakhir (yang tadinya paling pertama terbuka) kamu tekan tombol New Document. Nanti akan muncul sebuah laman word baru dengan template yang sudah sesuai dengan yang kamu setting tadi. Hasilnya akan seperti ini:

klik pada gambar untuk memperbesar

Dari template tersebut kamu bisa menyimpannya dalam format template di MS word mu. Nanti, kalau dibutuhkan lagi, tinggal buka saja file template tersebut, maka akan muncul laman baru dengan setting seperti di atas. Selamat mencoba.🙂

Bee

All steps are based on a self trial by following tutorial from this site.
All pictures are taken from personal collection.

* Post ini ditulis pertama kali di sini.

4 thoughts on “Making Your Own Invitation Name Label

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s