Wisata Ngidam

Mengutip salah satu tulisan Jia di akun twitternya,

NGIDAM adalah saat pergi ke FX cuma buat makan spaghetti saus telur asin, truss balik lagi.

Dan kami sepertinya memang sedang ngidam-ngidamnya. As for me ini memang tidak bisa dinyana lagi. Pasalnya beberapa saat sebelum sesi makan sore di FX itu, saya baru saja selesai sesi makan siang bersama keluarga besarnya Reza. Tapi memang sudah sejak lama saya ingin mencicipi kembali masakan ini. Pernah beberapa kali mencoba membuat di rumah, tapi hasilnya nol besar. Saya jadi sebal, sepertinya saya memang penasaran saja yah. Kali ini penasaran yang lumayan menguras isi dompet. Meh!

Me and Jasmine Tea

Saya dan Jia sampai di FX sekitar jam setengah lima sore. Langsung saja naik lift ke lantai paling atas dan jalan mantap memasuki resto yang ada di pojokan deket lorong menuju toilet. Setelah memilih satu tempat duduk yang sepertinya cozy kami langsung buka-buka buku menu. Jia malah langsung memesan Spaghetti saus telur asin ke Mas Maulana (waiter kami saat itu) tanpa buka buku menu. Saya masih mau lihat-lihat dulu, siapa tau ada yang lebih menarik. Kata Siska kepiting soka saus telur asin di sana juga juara, tapi saya nggak menemukan makanan itu di buku menu. Saya takut pas sudah dipesan nanti harganya malah melebihi budget. Heuu.. Jadilah akhirnya ikutan Jia pesan Spaghetti saus telur asin. Minumnya kami sama-sama pilih teh hangat. Saya pilih jasmine tea, sedangkan Jia pilih lemon tea.

welcome bread

Sambil menunggu pesanan datang saya merasa dingin sekali. Ternyata tepat di atas saya ada lubang AC yang menyemprot angin dingin ke arah saya. Kebetulan belakangan ini kondisi badan saya sedang nggak fit, saya nggak mau ambil resiko dengan tetap duduk di spot itu, meskipun sepertinya cozy. Akhirnya saya minta pindah ke pojok yang lain. Tak lama kami duduk di sana, seorang waiter membawakan minuman pesanan kami, ditambah satu keranjang berisi dua roti polos dan dua stick keju. Ada juga tambahan butter dan pesto untuk olesan roti. Jia langsung saja menyambar salah satu roti yang ternyata masih hangat dan memotongnya menjadi dua, mengolesi butter dan pesto sambil nyerocos “Eh sumpah ya, ini enak banget loh. Yang ijo-ijo ini enak banget loh, apaan sih ini namanya? gimana ya cara bikinnya?”. Well Jie, itu namanya pesto, cara bikinnya tinggal ulek semua daunnya truss tambahin olive oil, salt and pepper. Begitu sih yang sering saya lihat di food channel hahaha.. *sok tau padahal belum pernah coba bikin*😛

The famous spaghetti with spicy duck egg sauce

Nggak lama setelah roti dan stick kejunya habis kami gerogoti, datanglah dua pesanan utama itu. Saya pernah beberapa kali mencoba bikin sendiri di rumah tapi selalu gagal. Di percobaan pertama saya pakai telur asin yang sudah matang (boiled) dan warna saus nya nggak sekuning gambar di atas, lalu bentuknya masih berupa gumpalan-gumpalan gitu. Meskipun secara rasa sih sudah bisa disamakan lah ya.

Percobaan kedua saya coba pakai telur asin yang masih mentah. Jadi yah ternyata kuning telur bebek yang sudah diasinkan ini, meskipun mentah bentuknya sudah mengeras gitu. Kalau kita pecahkan telurnya, maka putihnya akan mengalir keluar, sedangkan kuningnya masih bertahan dengan bentuk bulatnya. Saat itu saya baru sadar kalau blender di rumah rusak😦 jadi agak kesulitan menghancurkan si kuning telur ini. Mungkin di percobaan selanjutnya saya akan coba menghancurkannya dengan ditambahkan air panas. Semoga teksturnya bisa jadi cair.

Sebagai makanan yang memang sudah kami idam-idamkan, rasanya nikmat sekali bisa menghabiskan satu porsi itu sendirian ahahaha.. Spaghetti ini adalah salah satu makanan yang wajib dicicipi siapa saja yang suka wisata kuliner. Meski bandrol harganya bikin mikir beberapa kali dulu buat mampir, tapi worth the try kok🙂

Seperti yang saya bilang di awal tadi, selesai makan, saya dan Jia keliling-keliling sebentar lalu langsung pulang. Bener-bener wisata ngidam ini namanya😛

Bee

Spaghetti Telur Asin IDR 71k | Hot Jasmine Tea IDR 19k | Hot lemon tea IDR 19k

*semua harga di atas belum termasuk PBI dan service

Leave a Reply

