Sex, Lies, and Cigarrets by Christof Putzel

This probably my first time posting video on this blog. OMG! barusan tadi membuka facebook page teman dan menemukan video ini nyempil di antara beberapa video lain yang dia share (yang kebanyakan variety show dari Korea)­čśŤ. Saya tertarik saat membaca deskripsi yang tertulis di bawah video ini. Then saya klik lah. Ternyata isinya adalah tentang dokumentasi seorang koresponden sebuah acara serial dokumenter di Amerika ┬ábernama┬áChristof Putzel yang datang ke Indonesia untuk mewawancarai balita perokok yang ┬ásempat menjadi headline di negaranya. Dalam perjalanannya menemukan balita tadi, Christof malah menemukan fakta-fakta lain yang membuatnya sangat terkejut. Di┬ádetik ke 35 video tersebut terdengar Christof berkometar seperti ini:

Here’s the school sign, and there’s cigarrets stand. No one have any problem with this?

Tentang sebuah stand rokok yang berdiri di samping gerbang sekolah. Saya, yang memang sudah tercekat sejak awal langsung dibuat sesak nafas saat mendengar pernyataannya tersebut. Benar sekali, kenyataan seperti ini yang tersaji di hadapan kita. Menjadi hal yang biasa kita temui setiap hari, hal yang selalu kita lewati di perjalanan, hal yang selalu luput dari perhatian. Namun ternyata adalah bibit dari sebuah kehancuran. Sepertinya tak ada gunanya saya banyak bicara di sini, melampirkan video tersebut pada post ini pun saya rasa sudah lebih dari cukup.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah saya bloging, baru kali ini saya ingin sekali meminta waktu teman-teman untuk menonton tayangan ini sejenak. Kalau bisa bahkan membagi link youtube tersebut ke media sosial milik teman-teman. Ada banyak hal yang seharusnya menjadi renungan kita. Hal-hal yang mungkin luput kita perhatikan karena sibuk mencaci maki dan menyalahkan orang lain.

Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang merugi. Amin­čÖé

Bee

nb: Video ini diunggah pertama kali pada bulan Desember 2011.

One thought on “Sex, Lies, and Cigarrets by Christof Putzel

  1. Terima kasih, mBak sittyasiah, yang telah memajang informasi tentang video karya Christof Putzel ini. Secara halus kita diberitahu betapa industri rokok raksasa Phillip Morris yang mencaplok HM Sampoerna, di video ini diwakili petugas humasnya (cewek) yang nampak defensif ketika dicecar pertanyaan oleh Chris, sekaligus kemudian kelihatan dustanya.

    Yaitu dusta paling akbar dari industrialis rokok, pertama bahwa rokok tidak merugikan kesehatan, dan yang kedua, kampanye merokok tidak ditujukan untuk anak-anak muda.

    Indonesia kini jadi ajang perang industri rokok, dengan korban orang miskin, orang berpendidikan rendah, dan generasi muda kita. Jangan lupa, “gang” mereka pun berkampanye melalui buku pula : http://www.thejakartaglobe.com/health/new-indonesian-cigarette-book-just-big-tobacco-propaganda-activists/497593

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s