Arabian Night at Al Safeer Resto and Cafe

Saya selalu ingin mencicipi masakan timur tengah. Jadi waktu ada voucher Al Safeer ini di disdus.com ya cepat-cepat saya sabet. Bayangannya kan ya waktu itu bisa makan bareng Reza (pas dia cuti per tiga bulan ituh). Eh ternyata Reza baru ambil cuti pas mendekati lebaran nanti, which udah abis dong masa berlaku vouchernya😦 ya sudah, jadilah untuk kali ini saya pergi sama Mayang dulu. Later kalau ada voucher sushi, saya sabet juga ah, mumpung Reza sebentar lagi pulang nih haha..

So, saya sempat bingung juga mencari tahu alamat resto ini. Sudah sampai googling tapi tetap saja nggak kebayang rute ke sananya. Tapi untung ada Mayang, dia langsung berinisiatif menelfon resto nya dan menanyakan ancer-ancer tempatnya. Dan Alhamdulillah juga waktu kecil dulu Mayang tinggal nggak jauh dari sana. Jadi bisa terbayang lah ya lokasinya. Ciao dari rumah sekitar jam tujuh malam, nggak sampai satu jam kemudian sudah sampai di lokasinya.

Sempat bingung waktu lihat suasana di luar resto yang sepi banget, akhirnya kami nekat saja buka pintu masuknya. Lha tulisannya juga OPEN kok. Sampai di dalam kami disambut oleh beberapa rangkaian meja dan kursi kayu yang biasa terdapat di resto-resto lainnya. Nggak ada sama sekali nuansa timur tengah di sana. Saya sempat kecewa tuh. Tapi kemudian Mayang mengajak ke lantai dua resto, dan di sanalah kemudian kami disambut oleh musik bernuansa timur tengah. Dan ruangan dengan interior berwarna dominan merah dengan bangku-bangku panjang melingkar mengelilingi ruangan. Juga ada dekorasi serupa tenda gitu yang membuat semakin terasa timur tengahnya.

The decoration

Saya dan Mayang duduk di salah satu meja dekat tangga. Agak kurang nyaman sebenarnya, karena ruangannya agak terbuka, jadi posisi kami bisa terlihat dari maaana-mana. Dan itu yah lagi banyak pengunjung dan notabene adalah para cowok-cowok arab gitu. While Mayang tampak senang karena banyak yang bisa dilirik, saya malah rasanya pengen ngumpet aja di balik tiang *hakdush*

Alright, enough for that. Mari kita beralih pada menu yang resto ini tawarkan. Begitu kami duduk di meja pilihan kami, seorang waiter langsung memberikan kami dua buah buku menu. Begitu dibuka, tampillah deretan makanan yang menurut saya sangat impressive mengingat pengalaman makan masakan timur tengah paling mentok ya kebab baba rafi ahahahaha…😛

Nah bisa dilihat kan tuh, bagaimana nggak umum nya masakan yang mereka tawarkan. Saya udah kayak anak kecil ketemu taman bermain, penasaran pengen coba semuanya. Sebenarnya mereka masih punya kategori khusus kambing di halaman menu berikutnya. Tapi saya nggak sempat ambil fotonya, lha itu para cowok-cowok Arab udah ngeliatin aja. Kan malu ya. Dan bersama buku menu itu ada lagi satu lembaran khusus paketan. Nah voucher saya berlaku untuk salah satu menu paketan tersebut. As a special guest, i give Mayang the prifilage to choose the menu. Dan Mayang akhirnya memilih menu Nasi Biryani dan kambing rebus, plus kari sayuran, dengan Acar. Untuk tambahannya saya memesan Roti Arab. Untuk minumnya ada lemon tea untuk saya dan teh mint untuk Mayang.

The Food

Melihat tampilan luar semua masakannya, saya sempat berfikir kalau rasa yang akan mendominasi adalah rasa pedas. Lihat saja warna-warna masakannya. Kalau di restoran padang itu udah huh hah huh hah sambil ngeluarin keringet tuh di jidat. Tapi ternyata (menurut waiter-nya) orang Arab itu justru nggak begitu suka pedas. Saya suka sekali dengan semua rasa masakannya. Yang seperti ini memang yang masuk selera saya. Punya citarasa kaya, tapi ramah di perut.

What i love the most is the lamb meat, it’s perfectly cooked. Bau kambingnya nggak dominan gitu. Nggak kayak sate kambing yang biasa bapak saya beli tuh, duh itu yaah cium aromanya aja udah bikin males makan. Roti Arabnya kayaknya nggak freshly from the oven ya, sudah dingin dan agak keras gitu. Tapi tetap enak buat teman makan kari sayuranya. Nasi briyani nya juga nggak kalah yummo. Over all, saya nggak menyesal memilih voucher ini dari disdus.

Sebagai orang yang belum pernah makan di resto timur tengah. Al Safeer memberi saya kesan baik. I definitely will go for another invitation to eat in such resto. Anyone?😉

Bee

Al Safeer Resto & Cafe

Jl. Raden Saleh Raya No. 15 Cikini – Jakarta Pusat

(021) 31902812

Leave a Reply

