All About China

 

Begh... tembemnyaaa >.<

Ini adalah untuk pertama kalinya saya didaulat untuk mengetuai sebuah special event di Al Fikri. Sudah ada beberapa special event selama semester pertama ini, contohnya Time to Hajj, Green Day, Naga to The Earth, dan All About China ini. Sebenarnya saya sudah diamanati acara ini sejak bulan pertama mengajar. Pertama kali dengar dari mulut kepala sekolah, telinga saya langsung berdenging. Terbayang bagaimana akan repotnya saya nanti. Apalagi Ibu Alam (sang Kepala Sekolah) bilang acaranya akan lebih dari sehari, kemungkinan malah akan seminggu lebih. Langsung mulas  perut saya >.< Tapi Bu Alam sempat menenangkan saya dengan mengatakan kalau semua guru akan terlibat dalam acara ini. Yeeaaaah rait!!

Yang saya nggak sadar adalah bahwa acara ini akan dilaksanakan di akhir semester, di hari-hari santai para siswa sembari menunggu pembagian rapot. Catat ya, hari santai UNTUK PARA SISWA, di mana UNTUK PARA GURU saat-saat ini adalah neraka!! Saat inilah semua guru mengumpulkan nilai-nilai selama satu semester dan memasukkannya ke sebuah dokumen excel yang sudah diberi rumus-rumus tertentu untuk menentukan nilai rata-rata siswa. Lalu (masih) semua guru harus membuat narasi tentang perkembangan masing-masing siswa, yang bagi saya lebih baik disuruh menulis cerpen aja deh (ya iya laaaahhh). Lalu wali kelas akan direpotkan dengan mengumpulkan semua nilai dan narasi dari guru-guru ini untuk menyatukannya per-siswa dan memasukkannya ke dalam buku rapot. Repot bukan? neraka bukan?

Dan bagi saya, ini adalah neraka kuadrat, karena semua hal di atas (minus tugas wali kelas) harus saya lakukan beriringan dengan persiapan special event ini (yang mana berlangsung 3 hari). Semua deadline seakan tertawa-tawa di manapun saya berada, bahkan saat saya menutup mata di malam hari untuk tidur. Weekend saya praktis menjadi hanya hari sabtu dari siang sampai malam, karena sabtu paginya saya tetap harus ke sekolah mengurus nilai rapot dan minggunya saya memotong kertas minyak untuk keperluan workshop hari seninnya. Untungnya, Reza mau membantu saya melakukan hal yang terakhir tadi, hingga tenaga saya nggak betul-betul habis terbuang, dan masih bisa sambil bikin Dak Kang Jung hehehehe…😀

Tapi over all acaranya berlangsung cukup lancar, meskipun siswa yang hadir nggak lengkap, sekitar 20% siswa memilih untuk tidur  dan nonton di rumah kayaknya hehehehe..😀

Di hari pertama, saya menayangkan film “Inside The Forbidden Palace” dari National Geography yang dulu pernah di-tweet sama Winny. Filmnya download dari uttorent, minta tolong sama Reza. Truss karena nggak dapet subtitle di manapun, ahirnya minta tolong lagi sama Reza untuk bikinin subtitle ehehehe… saya memang pacar yang super duper ngerepotin😀 Hasilnya ya tentunya memuaskan dong, si Reza kan perfeksionis total orangnya. Saat filmnya diputar, anak-anak terlihat antusias pada awalnya, tapi di tengah dan menjelang akhir film mulai deh tuh kelihatan pada bosan. Truss ada yang tidur-tiduran, ada yang ngobrol sama temen-temennya, mulailah itu para guru merapat ke saya untuk tanya ini itu tentang filmnya (maklum subtitle-nya bahasa Inggris, dan para guru nggak semuanya ngerti, APALAGI MURID YAK). Saya salah juga tuh. Harusnya nonton filmnya dibagi menjadi 4 sesi dan di setiap sesinya saya jelaskan pakai bahasa Indonesia, truss pake diskusi-diskusi dikit gitu. Sebenarnya memang mau begitu, tapi saya takut waktunya jadi kejar-kejaran sama acara selanjutnya. Eh tapi ternyata acara selanjutnya akhirnya batal juga, karena mepet sama Shalat Jum’at. Jadilah hari itu saya sedih banget.

Di hari ke dua, acaranya berjalan lebih lancar. Tugas saya pun nggak begitu banyak. Hanya membuka acara, membagi siswa jadi 5 kelompok dan mempersiapkan mereka masuk ke dalam kelas berdasarkan kelompoknya. Sesudah itu, sambil mengawasi jalannya workshop, saya diskusi tentang narasi dengan Pak Riki (The principal).

Nah, di hari ke tiga saya kembali repot. Otak saya sudah mulai berkelana di tengah malam saat saya tidur. Saya nggak tau kenapa, tapi kalau sedang dalam tekanan seperti itu, walaupun mata saya tertutup saya nggak bisa tidur dengan nyenyak. Otak saya pasti sekali-kali memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan  tekanan tersebut, alhasil saya selalu terbangun berkali-kali. Sampai akhirnya setelah subuh saya nggak bisa tidur lagi sama sekali.

Setengah tujuh pagi saya sudah sampai sekolah untuk menghias background panggung (yang mana hiasannya sederhana banget). Truss berganti pakaian dengan kostum China yang disewakan orang tua FOSIKO di Bintaro (sebenarnya saya dapat gratis sih hehe :D). Truss berjalan ke sana ke mari mengawasi persiapan acara. Guru-guru yang membantu saya di hari ini semakin minim, karena hari ke tiga ini bertepatan dengan hari bagi rapot. Jadi para wali kelas benar-benar nggak bisa diganggu. Konsep acara memang hanya saya yang tahu, karena memang cuma saya yang buat. Ditambah lagi saya jadi MC. Hweleeehhh… luan qi ba cao abis-abisan… (dang!! keluar Cina nya hahahaha…)

Tapi akhirnya selesai juga tuh hari ke tiga. Semua acara satu per satu tergelar, dari drama Mulan sampai icip-icip masakan Cina. Semua anak tentunya paling suka dengan icip-icip makanan ya, guru-guru juga, saya? yah.. boleh deh (orang cuma nyicip hakau sama udang goreng tepung doang, masing-masing satu, ngok!). Untungnya masih dapet satu porsi mie ayam, jadilah akhirnya sarapan itu (di pukul satu siang, oink! ngok!).

Sampai rumah saya langsung teparrrr… telapak kaki saya rasanya nyeriiii banget kayak ada yang nusuk-nusuk. Truss kayaknya ternggorokan saya luka deh, buat nelen sakitnya ampuuuunnnn..

Satu pelajaran yang saya ambil setelah Special Event ini: NEVER accept this kind of job lagi, di AKHIR SEMESTER!! Eh tapi kalo saat itu saya berniat bunuh diri, sepertinya boleh juga pegang special event kayak gini di akhir semester lagi. Yang beneran satu minggu sekalian, biar besoknya bisa terkapar di depan rumah, nggak bangun-bangun lagi abis itu. Ngahahahaha… *ngeri abess*

-Bee-

*fotonya nyusul ah, udah panjang banget ini postingannya😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s