Creamy Corn and Chicken Soup with Crutons

Ini adalah salah satu menu ultah saya kemarin dan hari ini saya buat ulang. As i told u before my boyfriend was sick, it turns out haven’t get better until now even though my mom already give him an acupuncture theraphy. Sepertinya cuaca belakangan ini memang kurang begitu baik ya, karena ande saya juga mengidap flu berat hari ini. Sudah diakupuntur juga, tapi masih belum sembuh juga. Dan kalau saya sih, setiap flu seperti itu selalu mau yang hangat-hangat. Di pikiran saya selalu melayang-layang semangkuk creamy soup hangat dengan taburan crutons di atasnya. Tapi berhubung di rumah ini hanya saya satu-satunya koki masakan aneh-aneh semacam itu, jadilah saya nggak pernah mendapatkannya setiap flu, hiks..😥

Tapi kali ini orang-orang yang saya sayangi sedang flu, nggak ada salahnya toh saya buat mereka nyaman dengan soup yang di amerika sana biasa mendapat predikat comfort soup. Here goes the recipee..

Creamy Corn and Chicken Soup With Crutons

Creamy corn and chicken soup with crutons

Bahan (Crutons)

  • Baguette (kalau saya pakai pinggiran roti sisa membuat risol kemarin)
  • Olive oil
  • Garlic (minced well)
  • Salt and pepper

Bahan (Creamy soup)

untuk satu panci besar (10 mangkuk)

  • 2 kaleng Creamy corn (kalengan)
  • 1 kaleng susu bear brand (pengganti cream cair, karena teksturnya lebih pekat)
  • 2 cups kaldu ayam
  • 1 kaleng jamur kancing yang sudah di peeled
  • 1 bawang bombay
  • 3 bawang putih (cincang halus)
  • 1 buah paha ayam (di fillet dan di potong kecil-kecil)
  • Garam, merica bubuk, pala bubuk

Cara membuat (crutons)

  1. potong-potong roti hingga membentuk kubus kecil
  2. susun di pinggan tahan panas berukuran panjang (agar roti tidak bertumpuk-tumpuk)
  3. campur olive oil dengan bawang putih cincang
  4. Siram roti dengan minyak bawang dan aduk hingga minyak merata
  5. Masukkan ke dalam oven dan masak selama 20 menit
  6. keluarkan roti dan aduk dengan sendok.
  7. Taburi garam dan merica
  8. Masukkan kembali ke dalam oven selama 25 menit hingga roti kering dan agak kecoklatan
  9. Angkat

Cara membuat (Cream Soup)

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai masak dan harum
  2. Masukkan ayam, masak sampai berubah warna
  3. Masukkan jamur
  4. Masukkan kaldu ayam, cream corn, dan susu
  5. Masak hingga sedikit mendidih
  6. Tambahkan garam, merica halus, dan pala bubuk
  7. Cicipi hingga mendapat rasa yang sesuai
  8. Angkat dan sajikan hangat
  9. Taburi crutons di atasnya

Ande saya langsung senyum-senyum senang saat soupnya matang. Nggak pakai mikir lama, ande langsung ambil mangkuk dan menuang soup sampai hampir penuh. “Wah Kak pas banget, ini kan soup buat orang sakit” hehehehe… semoga anak-anak saya kelak akan sama girangnya kayak ande waktu mendapati saya memasakkan soup ini saat mereka sakit.

Oh iya, tanggal 5 Desember lalu saya juga sempat mengirim soup ini ke rumah kakaknya pacar, mereka sekeluarga juga lagi nggak enak badan katanya. Semoga soup ini bisa menghangatkan mereka hehehehehe… :D And you dearest Patrick, hang on there.. i’ll come by😉

-bee-

Leave a Reply

