Milk Marinated Fried Chicken with Saus Asam Manis

Ini dia yang saya masak sebagai bento tempo hari. Agak ribet emang judulnya, rasanya sebenernya ribet juga karena lidah kita akan bersentuhan dengan daging ayam yang sudah direndam susu terlebih dahulu hingga mengeluarkan rasa dan aroma yang berbeda dari ayam goreng biasanya. Truss harus juga bersentuhan dengan saus asam manis yang biasanya akrab dengan kuluyuk atau semacam seafood. Tapi nggak kalah enak kok sama masakan-masakan sebelumnya. Hehehe..😀

Inilah diaaa…

‘Milk Marinated Fried Chicken’ with ‘Saus Asam Manis’

Milk Marinated Fried Chicken With Saus Asam Manis

Ingredients:
Milk Marinated Fried Chicken

  • 2 Paha ayam (utuh) buang tulangnya –> biasa disebut chicken chop, kita bisa minta tolong sama penjual dagingnya untuk memisahkan daging dengan tulangnya.
  • cabe bubuk
  • merica bubuk
  • thyme
  • pala bubuk
  • garam
  • 150 ml susu cair
  • tepung roti / tepung panir
  • 2 butir telur ayam

Saus Asam Manis

  • 2 kentang (potong dadu kecil lalu goreng setengah matang)
  • 1 wortel
  • 5 jamur champignon
  • brokoli
  • 1 paprika hijau (saya nggak punya, jadi pake cabe hijau besar aja)
  • nanas (saya nggak punya, akhirnya pake selai nanas ajah)
  • 1 butir bawang bombay (iris tipis)
  • 3 siung bawang putih (dicincang)
  • 1 daun bawang (iris kecil)
  • 1 botol kecil saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • garam dan merica
  • Basil kering

Cara membuat
Milk Marinated Fried Chicken

  1. Sirami ayam dengan susu sampai terendam
  2. Tambahkan lada bubuk, merica putih, pala bubuk, thyme kering, dan garam
  3. Aduk rata lalu rendam semalaman, masukkan ke dalam kulkas
  4. Setelah direndam semalaman, keluarkan dari kulkas
  5. Kocok lepas dua butir telur
  6. Gulingkan ayam satu per satu ke dalam telur, lalu gulingkan di tepung panir (lakukan dua kali)
  7. Setelah itu goreng (deep fry) sampai kecoklatan
  8. Angkat dan tiriskan

Saus Asam Manis

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih
  2. Masukkan jamur, tumis sebentar
  3. Masukkan wortel dan brokoli
  4. Tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, selai nanas, kecap asin, basil kering, garam dan merica
  5. Tambahkan sedikit air (sekitar 1/2 cup)
  6. Masukkan paprika hijau dan kentang
  7. Masukkan daun bawang
  8. (optional) Tambahkan minyak wijen untuk aroma
  9. Masukkan ayam goreng dan aduk merata
  10. Angkat, dan sajikan dengan nasi putih

Rasanya hhmmm.. nyammyyy… Walaupun agak ribet dengan persiapan bahan-bahan dan ayam gorengnya, semuanya akan terbayar dengan hasil akhirnya. Saya sempat sakit selama seminggu lebih kemarin itu, akhirnya nggak masuk dapur sama sekali dan masakan ini benar-benar membayar rasa rindu saya sama dapur.

Semakin senang karena keponakannya Reza yang sedang sakit dan sempat nggak mau makan beberapa hari akhirnya tergiur dengan masakan ini dan makan dengan lahap. Cihuyyy..😉

Have a nice weekend

-bee-

Go see tutorial picture Here:

http://arthepassion.multiply.com/photos/album/51/Milk_Marinated_Fried_Chicken_with_Saus_Asam_Manis

 

2 thoughts on “Milk Marinated Fried Chicken with Saus Asam Manis

    • Hehehe.. tenang aja, aku juga lama banget kok akhirnya bisa ngerti. Pokoknya sering utak atik dashboard aja😀

      btw, aku boleh tau ndak, ini siapa ya?? hehe.. aku dah berkunjung ke blog nya tapi nggak nemu nama aslinya hehe..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s