Today’s Bento

Mau iseng aaahhh ikutan Achie posting bento hohoho.. Sebenarnya dalam bahasa Indonesia kita biasa menyebut tradisi ini dengan “membawa bekal dari rumah” tapi di Jepang sana mereka punya nama lebih keren, yaitu “bento” jadi yah nggak apa dong curi-curi istilah mereka😉

Sejak dua hari yang lalu saya terus membayangkan ide ini:  ingin memarinate ayam dengan susu. Saya pernah lihat cooking tutorial dari Foodwishes.com yang menyajikan masakan berjudul “Buttermilk fried chicken”. Jadi chef John dari foodwishes.com memarinate daging ayam dengan buttermilk dan bumbu-bumbu selama semalaman, sebelum kemudian digoreng tepung. Saat menonton cooking tutorial itu saya langsung terbayang-bayang rasanya. Tapi di Indonesia (tepatnya di Depok), rasanya agak susah ya mencari buttermilk. Jadi kemarin isenglah saya memarinate sisa daging ayam yang ada di kulkas dengan susu cair dan bumbu-bumbu. Tadi pagi saya goreng (cuma lapis telur, soalnya ngerjainnya buru-buru sebelum berangkat ngajar) lalu saya padu padankan dengan saus asam manis. Rasanya hmmm… nyammmooo… Guru-guru di sekolah aja pada suka.

Rencananya saya mau masakin makanan ini buat Reza akhir minggu nanti, karena weekend kemarin saat dia (tumben-tumbennya) minta dimasakin sesuatu, saya belum sempat mewujudkannya. Ayamnya akan saya goreng tepung dan bahan-bahannya akan saya upgrade, setelah itu saya post deh resepnya di sini. Untuk hari ini saya cuma mau pamer bento aja hehehe..😀

 

Milk fried chicken with tomato sour souce & smoked beef roll

So, bento hari ini adalah Ayam goreng (yg sudah dimarinate dengan susu) saus asam manis dan dua buah risol (yg kulitnya dari roti tawar) isi smoked beef. Menu pertama baru masak tadi pagi, menu ke dua sudah dibuat dari kemarin, tinggal goreng aja.

 

tampak dekat

 

wohoooo… nggak sabar banget mau cepet-cepet belanja dan bikin masakan ini lagi. Sayangku Reza Ihsan, tunggu masakan ini weekend nanti yaaa😉

-bee-

2 thoughts on “Today’s Bento

Leave a Reply

