OYAKODON

what’s for breakfast today dear friends??

Kalau saya bikin oyakodon. Resepnya masih dari site Cooking With Dog (look up the blogroll) dan pas pertama kali lihat sudah berfikir “this is really a great dish for breakfast” and indeed it is🙂

So, karena semalam saya kembali susah tidur mikirin hal seru apa lagi yang bisa saya lakukan saat mengajar (agar para murid nggak nguap di kelas) akhirnya sehabis subuh tadi saya nggak lagi bisa memejamkan mata. Susah emang yah beristirahat saat otak masih mau kerja keras terus😦 So, berlalu lah saya ke dapur, mempersiapkan bahan untuk bikin sarapan.

OYAKODON (Chicken and egg rice bowl)

Served: for 2

masih di atas wajan😉

Bahan:

  • 1 paha ayam yang sudah di-fillet (minta fillet sama penjual dagingnya aja) —> potong sekitar 1.5 cm each.
  • 1 buah bawang bombay, potong sekitar 1/2 cm.
  • 3 butir telur
  • 1 cup air
  • 1/2 block kaldu ayam maggy (ini si Ity Patime pasti protes lagi nih, belom sempet ya neeek gue bikin chicken broth sendiri :D)
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula
  • 1 batang daun seledri segar (saya tadi pakai daun kemangi karena nggak nemuin daun seledri di kulkas dan itu adalah keputusan yang salah pembaca sekalian, jangan ditiru hehehe… :P)

Cara membuat:

  • Pecahkan 3 butir telur ke dalam mangkuk dan kocok lepas.
  • Larutkan kaldu block dengan satu cup air lalu rebus di atas wajan (kalau ada teflon dengan diameter nggak terlalu besar ya lebih baik lagi). Tambahkan kecap asin dan gula, lalu tutup wajan. Biarkan sampai mendidih.
  • Setelah mendidih masukkan bawang bombay dan tutup kembali. Biarkan selama 3 menit.
  • Masukkan ayam dan tutup kembali wajan. Biarkan kembali selama 3 menit.
  • Setelah 3 menit, masukkan 1/3 adonan telur dan aduk sedikit. Biarkan selama 30 detik. Lalu masukkan sisa adonan telur dan taburi seledri di atasnya. Tutup wajan dan matikan api. Biarkan selama 2 menit.
  • Sajikan oyakodon di atas nasi hangat.

bento for work

Juga cocok untuk bekal si suami saya. Hahaha..😀

*good luck on the kitchen😉

-bee-

4 thoughts on “OYAKODON

Leave a Reply

