Nastar Keju

Nah.. ini juga wajib ada pas lebaran bukan?? Resepnya masih dari blognya mbak Anne Vijaya dan saya gagal meniru bentuk trompet yang mbak Anne ajarkan di sana😦 soalnya saya nggak punya cetakan bunga-bunga, waktu saya mau coba pakai cetakan bulat biasa saja (tutup botol obat sih sebenernya hehehehehe… :D) tetep aja saya nggak bisa bikin bentuk sebagus yang punya mbak Anne itu😦 akhirnya saya kreasikan aja lah sendiri. Nastar kejunya saya bentuk kayak kuncup bunga mawar gitu hehehe..😀

Berikut resepnya…

Nastar Keju a la Uni Bee

BAHAN KULIT:

150 gr mentega tawar (saya pakai 1.5 ons wosman)

100 gr margarine

75 gr (3/4 cups) gula bubuk

1 kuning telur

1/4 sdt vanili bubuk

350 gr (3 1/2 cups) tepung terigu

500 gr keju edam / parmesan / cheddar (saya pakai cheddar)

1 kuning telur untuk olesan

BAHAN ISI:

900 gr nanas kupas

150 gr (1.5 cups) gula pasir

4 butir cengkih

7 cm kayu manis

CARA MEMBUAT:

Selai

  • Parut nanas lalu masak bersama gula.
  • Masukkan cengkeh dan kayu manis
  • Masak hingga mengental dan air habis, angkat dan dinginkan.

Kulit

  • Kocok butter, margarine dan gula dengan mixer berkecepatan sedang hingga putih lembut dan mengembang.
  • Tambahkan kuning telur dan vanili, kocok hingga merata.
  • Masukkan terigu secara bertahap, tambahkan keju, lalu aduk rata dengan spatula (saya mengaduknya dengan mixer sampai tercampur rata, with/o spatula ;))
  • Panaskan oven pada suhu 160 derajat C

Membentuk Nastar

Beginilah hasilnya🙂

Membentuk Nastar

  • Ambil satu sendok teh adonan kulit, letakkan di atas plasting wrapping (plastik gulung yang tipis itu lhooo)
  • Pipihkan adonan
  • Tambahkan 1/2 sdt adonan isi
  • Lipat sisi kiri dan kanan adonan kulit menjadi satu
  • Lipat sisi atas dan bawah adonan kulit
  • tekan-tekan adonan hingga menyerupai kuncup bunga mawar
  • Letakkan pada loyang
  • Masukkan ke dalam oven, setelah setengah matang olesi permukaan nastar dengan kuning telur
  • Angkat dan dinginkan

Naahh… jadi begitulah cara saya membentuk nastarnya jadi lain dari yang biasa orang lain buat, bahkan berbeda dengan yang punyanya mbak Anne.. yeaayy… hehehe… *apasih??*

-bee-

Leave a Reply

