Christmas Carol (2009)

ARRGGHHH… oke oke oke… mari kita elu elukan dulu itu si bapak berwajah, bersuara, berbakat banyak ; the one and only Jim Carrey. Keren banget dia… sumpah keren banget!!! Hahaha… baiklah! Saya akan berhenti meracau dan mulai fokus.

Nggak pake banyak pengantar deh, langsung aja ke review. Sebelum melesap lagi ini ceritanya di otak (makasih deh ya buat film entahlah apa itu yang kemaren saya tonton).

Christmas Carol
Cast       : Jim Carrey, J im Carrey, Jim Carrey, Jim Carrey, Jim Carrey, Jim Carrey, Jim Carrey, Jim Carrey, Steve Valentine, Daryl Sabara, dll.
Director : Robert Zemeckis
Writers   : Charles Dickens (Novel), Robert Zemeckis (Screenplay)

Semuanya berawal dari kematian Marley!!

Begitu kalimat yang menyapa kita di awal cerita, dan memang iya, semuanya berawal dari kematian rekan kerja Mr. Scrooge (Jim Carrey) itu. Dari sinipun kita sudah bisa melihat ketamakan yang dimiliki pria renta bermuka masam ini. Bagaimana ia dengan berat hati mengeluarkan uang untuk biaya peti mati sahabatnya itu. Bagaimana sikapnya itu membuat semua orang terperangah, termasuk saya. Gila! Tega-teganya dia berbuat begitu sama sahabatnya yang sudah meninggal.

Beralih ke kota, suasana berubah ceria. Seperti atmosfir yang selalu ada di setiap film natal, seluruh penjuru kota diselimuti hangatnya senyuman dan nyanyian lagu rohani. Lagu yang ceria itu loh… tau khan?? Tapi lihat apa yang terjadi ketika Mr. Scrooge lewat, suasana berubah masam. Bapak tua itu, menyumpah serapahi malam natal. Ia bahkan berniat untuk tidak memberikan libur natal pada satu-satunya pegawai yang bekerja di tempatnya. Katanya, natal itu hanya alasan bagi pekerja untuk mendapatkan gaji tanpa bekerja. Kalo kata Aa Gym, Mr. Scrooge ini adalah contoh baik manusia haram (kehadirannya nggak diinginkan dan ketidak beradaannya membuat nyaman).

Tapi, apa benar begitu?

Tujuh tahun kemudian, Mr. Scrooge didatangi arwah penasaran sahabatnya, Marley. Dia bilang akan ada tiga arwah yang mendatangi Mr. Scrooge dalam satu hari itu. Ghost of Christmas Past (Jim Carrey), Ghost of Christmas Present (Jim Carrey), dan Ghost of Christmas Yet To Come (Jim Carrey).

Ghost of Christmas Past mengajaknya melihat masa lalunya, bagaimana dia selalu kesepian dan penolakan ayahnya terhadapnya. Lalu bagaimana dia bertemu dengan gadis pujaannya, lalu juga kehilangan gadis tersebut. Karena ketakutannya yang terlalu besar akan kemiskinan dan tak memiliki harta apapun.

Ghost of Christmas Present memperlihatkan kejadian pada malam natal saat itu. Bagaimana keponakan dan keluarga besarnya menjadikan keberadaannya sebagai lelucon, bagaimana ternyata pegawai satu-satunya memiliki ketulusan terhadapnya. Bagaimana pegawainya itu bahagia dengan hidup yang dimilikinya. Dengan kekurangan dan keterbatasannya, walaupun Mr. Scrooge tak memberikan gaji yang sesuai dengan pekerjaannya.

Ghost of Christmas Yet To Come menunjukkan bagaimana nantinya kematian yang akan dia hadapi, jika ketamakan dan sikap negative nya itu tetap ia pertahankan.

Saya sangat menikmati dongeng yang disajikan Charles Diskens ini. Kamu masih ingat bagaimana rasanya memiliki mimpi untuk terbang? Memiliki mimpi untuk bisa berhubungan dengan semua orang, baik di ujung dunia sekalipun? Masih ingat rasanya memiliki mimpi untuk bisa melihat pertunjukkan drama hanya dalam sebuah kotak? Oh.. sekarang namanya Televisi! OK… begini loh maksud saya, film ini sangat-sangat klasik. Ceritanya standard saja, tentang bapak muram yang benci natal, lalu didatangi hantu-hantu dan BAM! Dia taubat. Tapi thanks to Robert Zemeckis yang sudah mengemasnya ke dalam animasi modern dan membuat kita si manusia yang sudah mengenal pesawat, telefon, televisi, internet, dan laptop ini bisa kembali menikmatinya.

Saya tertegun, apa benar kita sudah tak lagi dapat bermimpi hingga hanya bisa menggubah sebuah kisah klasik over and over again?

Hail to Charles Dickens then
-bee-
231109

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s