Edensor

Judul: Edensor (Buku Ketiga dari Tetralogi Laskar Pelangi)

Penulis : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang (Yogyakarta)

Tebal : 290 hal

Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.
-Arai-

Setangkup kalimat yang sarat makna ini, memulaikan semua cerita yang tertumpah dari torehan tinta indah Andrea Hirata. Buku Edensor, mungkin hanyalah secuil cerita pencapaian mimpi seorang anak Belitong yang tak terkotori rasa pesimistik. Di buku ini Andrea bertutur tentang perjalanannya bersama Arai, kerabat yang digambarkan sebagai seorang Partner in Crime. Sangat indah, di mana Andrea menggambarkan semua hikmah dalam kejadian di hidupnya. Ia bahkan menggambarkan seorang laki-laki dengan penyakit kelamin akut, sebagai pahlawan yang membawanya dalam penemuan secuil jati diri. Bagaimana ia dapat menghargai kehidupan lewat orang yang justru membenci kehidupan.

Tak hanya itu, Andrea juga menggambarkan perasaan dan cinta dengan unik di buku ini. Layaknya seorang laki-laki yang mencintai gadis secara rumit dan indah. Dan pertemuannya dengan kondisi di mana cinta hanya diumpamakan sebagai remote TV. Andrea Hirata adalah pemimpi sejati, dan buku ini berakhir di Edensor, mimpi paling tinggi yang meluncur dari bibir indah A ling, cinta pertamanya.

Buku ini sangat layak baca, betapa mengagumkan di mana tulisan dan rangkaian kata-kata dapat menggambarkan mimpi-mimpi yang menjadi nyata. Andrea dan Arai berani bermimpi, dan Tuhan benar-benar memeluk mimpi itu.

Bagi mereka yang ingin belajar bermimpi, seperti saya. Buku ini bukan hanya cocok sebagai teman minum kopi, tapi sahabat dikala detik-detik waktu terkosongkan dari rutinitas.

Atau seperti saya, buku ini sudah menjadi bagian dari rutinitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s